IKLAN
Iklan atau dalam
bahasa
Indonesia formalnya pariwara
adalah promosi
barang, jasa, perusahaan
dan ide yang harus
dibayar oleh sebuah sponsor. Pemasaran melihat iklan sebagai bagian dari strategi
promosi secara keseluruhan. Komponen lainnya dari promosi termasuk publisitas,
relasi publik, penjualan, dan promosi penjualan.
Terdapat beberapa jenis iklan yaitu :
1. Iklan Baris/
Iklan baris mengutamakan informasi yang paling
inti yang perlu diketahui oleh peminatnya. Karena itu biasanya iklan baris
hanya memuat informasi seperlunya dan hanya membutuhkan beberapa baris saja.
Biasanya koran-koran mensyaratkan iklan baris minimal 2-3 baris dilengkapi
sekali dengan laman,nomor telefon dan sebagainya untuk menambah keberkesanan
iklan baris tersebut.
Karena tidak menggunakan gambar sebagai daya
tariknya, iklan baris dimuat secara berkelompok sesuai dengan isinya. Misalnya,
kelompok barang yang dijual dipasang dalam baris yang berbeda dengan kelompok
barang yang dicari. Selanjutnya, barang-barang yang dijual pun diklasifikasikan
lebih jauh: tanah, rumah, mobil, motor, dll.
2. Iklan Komersil
Informasi
sebuah produk penjualan dan promosi penjualan. Iklan komersil biasanya ditayangkan di
televise maupun di jalan – jalan dalam bentuk poster maupun spanduk dengan gambar
dan tulisan yang menarik.
3. Reklame
Reklame
adalah media periklanan besar, yang biasa ditempatkan pada area yang sering dilalui, misalnya
pada sisi persimpangan jalan raya yang padat. Reklame berasal dari kata re-clamare (bahasa Latin: Re=berulang, clamare=seruan).
Reklame berisi iklan yang ditujukan untuk dilihat pejalan kaki maupun pengendara kendaraan
bermotor yang melewatinya. Reklame umumnya berisi ilustrasi yang besar dan menarik, disertai dengan slogan.
Di Indonesia, terdapat kecenderungan membedakan
reklame dan iklan berdasarkan kategori penempatannya; sehingga reklame digunakan
untuk menyebutkan media periklanan ruang luar , sedangkan iklan untuk
menyebutkan media periklanan ruang dalam.
Bila ditinjau dari etimologinya, reklame dan iklan mempunyai makna yang
setara. Iklan dari kata i'lan (bahasa Arab)
berarti pengumuman, dan reklame berarti seruan yang berulang; maka kedua
istilah yang terkait dengan media periklanan ini mengandung makna yang setara
yaitu untuk kegiatan penyampaian informasi kepada masyarakat atau khalayak
sasaran pesan.
CONTOH
IKLAN :
1. Iklan dengan tema Kesehatan ( Reklame )
2. Iklan Komersil